Android Booting Lama

By | 08/05/2019
No ratings yet.

Android Booting yang Lama atau Gagal Booting adalah masalah yang sering dikeluhkan pengguna Android. Biasanya masalah ini terjadi karena beberapa sebab dan akibat, seperti salah satunya memori penyimpanan yang penuh.

Android Booting

Namun masih ada beberapa penyebab booting android menjadi lama yang biasa ditemui oleh pengguna android.

Berikut ini adalah beberapa penyebab booting android lama yang harus diketahui:

  • Kapasitas memori yang kecil.
  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstall.
  • ROM bermasalah.
  • Kernel bermasalah.

Nah, mungkin saja android booting lama yang kalian alami terjadi karena faktor diatas. Bisa jadi bukan?. Atau yang sering ditemui juga masalah Android Booting lama adalah android selalu mengoptimalkan aplikasi.

Lalu bagaimana mengatasi booting lama di android? Nah, Admin Duloh telah merangkum dari beberapa sumber terpercaya untuk masalah ini. Kalian bisa mengikuti cara mempercepat booting android tanpa root dibawah.

Cara Mengatasi Android Booting Lama

1. Hapus File

Memori Internal maupun Eksternal yang menyimpan banyak File bisa menyebabkan Booting Android menjadi Lama. Nah, jika File pada Memori sudah penuh, ada baiknya untuk menghapus beberapa file yang tidak dipakai.

2. Hapus Aplikasi

Terlalu banyak menginstal / pasang Aplikasi di Android tentunya akan menyebabkan Booting Android menjadi lama. Terlebih lagi jika Spek dari Android tersebut sangat lah minim. Jadi disarankan untuk menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

3. Gunakan Custom Rom

Biasanya Custom Rom Android memiliki fitur mempercepat booting. Namun, tidak semua Custom Rom memiliki fitur tersebut. Tapi, tidak ada salah nya mencoba Custom Rom berfitur percepat booting.

4. Matikan Startup Aplikasi

Aplikasi – aplikasi yang ada saat ini banyak yang tidak memiliki fitur mengaktifkan atau menonaktifkan Startup seperti pada PC. Namun jangan khawatir, pengguna android juga bisa mengaktifkan / menonaktifkan startup layaknya pada PC.

Dalam hal ini kamu bisa menonaktifkan startup aplikasi secara manual, tergantung apakah android tersebut memiliki fitur menonaktifkan startup aplikasi. Jika tidak memiliki fitur tersebut ada alternatif lainnya yaikni menggunakan aplikasi Clean Master, download disini.

Tips Mempercepat Android Booting

1. Tambahkan Tweak Build.Prop (Root)

Selanjutnya untuk mengatasi Android Booting Lama adalah dengan menambahkan Tweak Build.Prop khusus guna mempercepat booting di android. Namun, cara yang satu ini khusus pengguna android yang sudah di root saja.

Karena untuk mengedit atau menambahkan tweak build.prop perlu akses root. Jika android sudah diroot silahkan tambahkan Tweak dibawah ini untuk mempercepat proses booting.

ro.config.hw_quickpoweron=true

persist.sys.shutdown.mode=hibernate

Cara menambahkan tweak build prop diatas kamu hanya perlu install Root Exploler disini, kemudian buka build.prop dibagian /root/system/ setelah itu tempelkan tweak tersebut dipaling bawah.

2. Tutup Semua Aplikasi

Ketika kamu selesai menggunakan aplikasi ataupun selesai bermain game ada baiknya benar-benar mengeluarkan aplikasi tersebut dengan benar. Jangan sampai aplikasi/game tersebut masih berjalan di belakang layar, atau kamu bisa cek sendiri apakah masih ada aplikasi yang masih berjalan di belakang layar.

3. Bersihkan Cache Android

Selanjutnya adalah membersihkan cache android secara rutin, memang kelihatan nya sepele namun hal ini baik dilakukan untuk mempercepat booting android. Di android sendiri sudah tersedia fitur penghapus cache baik itu cache storage maupun cache aplikasi. Atau juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master.

Akhir kata

Jika kamu memiliki tips ataupun cara mempercepat booting android silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini. Demikian artikel kali ini jika ada yang kurang jelas bisa tulis di kolom komentar. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *